Tugas dan Fungsi

SEKRETARIS DAERAH

  1. Sekretariat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif.
  2. Dalam menyelenggarakan tugas Sekretariat Daerah mempunyai fungsi :
  1. pengkoordinasian penyusunan kebijakan daerah;
  2. pengkoordinasian pelaksanaan tugas satuan kerja perangkat daerah;
  3. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah;
  4. pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil negara pada instansi daerah;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  1. Uraian tugas Sekretariat Daerah, sebagai berikut :
  1. mengkoordinasikan kegiatan penyusunan kebijakan daerah;
  2. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas satuan kerja perangkat daerah;
  3. mengkoordinasikan kegiatan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah;
  4. mengkoordinasikan kegiatan pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil negara pada instansi daerah;
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan lingkup tugasnya.

ASISTEN SEKRETARIS DAERAH BIDANG PEMERINTAHAN DAN SOSIAL

  1. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Sosial mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintahan desa, penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat.
  2. Dalam melaksanakan tugas Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Sosial menyelenggarakan fungsi :
  1. perumusan bahan kebijakan penyusunan program dan petunjuk teknis serta pemantauan penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintahan desa, penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat;
  2. penyelenggaraan koordinasi kegiatan pemerintahan daerah;
  3. penyelenggaraan koordinasi kegiatan pemerintahan desa;
  4. penyelenggaraan koordinasi kegiatan penanggulangan kemiskinan;
  5. penyelenggaraan koordinasi kegiatan kesejahteraan rakyat;
  6. pengkoordinasian organisasi perangkat daerah sesuai bidangya;
  7. pengkoordinasian penyusunan laporan keterangan pertanggung jawaban Bupati sesuai bidangnya;
  8. penyelenggaraan fungsi lain yang diberikan Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  1. Uraian tugas Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Sosial, sebagai berikut :
  1. merumuskan bahan kebijakan penyusunan program dan petunjuk teknis serta pemantauan penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintahan desa, penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat;
  2. menyelenggarakan koordinasi kegiatan pemerintahan daerah;
  3. menyelenggarakan koordinasi kegiatan pemerintahan desa;
  4. menyelenggarakan koordinasi kegiatan penanggulangan kemiskinan;
  5. menyelenggarakan koordinasi kegiatan kesejahteraan rakyat;
  6. mengkoordinasikan organisasi perangkat daerah, meliputi :
  • Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
  • Inspektorat;
  • Dinas Sosial;
  • Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga;
  • Dinas Kesehatan;
  • Satuan Polisi Pamong Praja;
  • Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
  • Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Kecamatan;
  • Urusan Penanggulangan Bencana, urusan Narkotika dan urusan Kesatuan Bangsa dan Politik;
  1. mengkoordinasikan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati sesuai bidangnya;
  2. melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Bupati terkait lingkup tugasnya.

ASISTEN SEKRETARIS DAERAH BIDANG PENGEMBANGAN PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN

  1. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan pengembangan perekonomian, pembangunan dan layanan pengadaan.
  2. Dalam melaksanakan tugas Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan menyelenggarakan fungsi :
  1. perumusan bahan kebijakan penyusunan program dan petunjuk teknis serta pemantauan perekonomian, pembangunan dan layanan pengadaan;
  2. penyelenggaraan koordinasi kegiatan pengembangan perekonomian;
  3. penyelenggaraan koordinasi kegiatan pembangunan;
  4. penyelenggaraan koordinasi kegiatan layanan pengadaan;
  5. pengkoordinasian organisasi perangkat daerah sesuai bidangnya;
  6. pengkoordinasian penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati sesuai bidangnya;
  7. penyelenggaraan fungsi lain yang diberikan Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  1. Uraian tugas Asisten Sekretaris Daerah bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan, sebagai berikut :
  1. merumuskan bahan kebijakan penyusunan program dan petunjuk teknis serta pemantauan perekonomian, pembangunan dan layanan pengadaan;
  2. menyelenggarakan koordinasi kegiatan pengembangan perekonomian;
  3. menyelenggarakan koordinasi kegiatan pembangunan;
  4. menyelenggarakan koordinasi kegiatan layanan pengadaan;
  5. mengkoordinasikan organisasi perangkat daerah, meliputi :
        • Dinas Pekerjaan Umum;
        • Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang;
        • Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
        • Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah;
        • Dinas Perhubungan;
        • Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan;
        • Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja;
        • Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu;
        • Dinas Perikanan;
        • Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan;
        • Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan;
        • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata;
  6. mengkoordinasikan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati sesuai bidangnya;
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Bupati terkait lingkup tugasnya.

ASISTEN SEKRETARIS DAERAH BIDANG ADMINISTRASI

  1. Asisten Administrasi mempunyai tugas mengkoordinasikan perumusan peraturan perundang-undangan, bantuan hukum dan hak azasi manusia, dokumentasi hukum, pembinaan organisasi perangkat daerah dan analisis jabatan, ketatalaksanaan dan pelayanan pubik, kinerja aparatur dan reformasi birokrasi pembinaan dan pengkoordinasian kegiatan perlengkapan, ketatausahaan, keprotokolan dan kerumahtanggaan.
  2. Dalam melaksanakan tugas Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi, menyelenggarakan fungsi :
    1. pengkoordinasian penyusunan bahan kebijakan perumusan peraturan perundang-undangan, bantuan hukum dan pendokumentasian serta informasi hukum;
    2. pengkoordinasian penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan organisasi, ketatalaksanaan, pelayanan publik, analisis jabatan, analisis beban kerja, aparatur kepegawaian dan reformasi birokrasi;
    3. pengkoordinasian penyusun dan pelaksanaan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan ketatausahaan, perlengkapan, keprotokolan dan kerumahtanggaan;
    4. pengkoordinasian organisasi perangkat daerah sesuai bidangnya;
    5. pengkoordinasian penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati sesuai dengan bidangnya;
    6. penyelenggaraan fungsi lain yang diberikan Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  3. Uraian tugas Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi, sebagai berikut :
    1. mengkoordinasikan penyusunan bahan kebijakan perumusan peraturan perundang-undangan, bantuan hukum dan pendokumentasian serta informasi hukum ;
    2. mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan organisasi, ketatalaksanaan, pelayanan publik, analisis jabatan, analisis beban kerja, aparatur kepegawaian dan reformasi birokrasi ;
    3. mengkoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan ketatausahaan, perlengkapan, keprotokolan dan kerumahtanggaan;
    4. mengkoordinasikan organisasi perangkat daerah, meliputi :
  • Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah
  • Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  • Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah;
  • Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  • Dinas Arsip dan Perpustakaan;
    1. mengkoordinasikan penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati sesuai dengan bidangnya ;
    2. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Daerah, Wakil Bupati dan Bupati sesuai lingkup tugasnya