Telah dilaksanakan Kegiatan Delineasi Batas Wilayah Administrasi Desa Secara Kartometrik Tanpa Kesepakatan, Pada tanggal 8 Agustus 2019 s.d 20 Agustus 2019 bertempat di OR Setda Brebes, yang telah dihadiri oleh 17 Kecamatan dan 292 Desa serta 5 Kelurahan di Kabupaten Brebes, berdasarkan surat dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Nomor: B-23.17/PBW-BIG/IGD.04.04/7/2019 tanggal 23 Juli 2019, hasil pertemuan survey pendahuluan dan rapat koordinasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2019 di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah terkait dengan kegiatan delineasi batas wilayah administrasi desa secara kartometrix tanpa kesepakatan Tahun Anggaran 2019 oleh Tim Pusat Pemetaan Batas Wilayah-Badan Informasi Geospasial (PPBW-BIG).

Pada Hari Kamis tanggal 18 Juli 2019 di Semarang Ibu Bupati Brebes IDZA PRIYANTI, SE telah menerima Penghargaan Top99 dari Kemenpan RB dengan Judul  Inovasi  "Gerakan Kembali Bersekolah Atasi Anak Tidak Sekolah"   Adapun Paparan dan Wawancara oleh Sekda Kab.Brebes bersama Tim sebagai syarat wajib untuk penjaringan Top45 telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 9 Juli 2019 di Kemenpan RB.  

 

  

  

 

Dasar surat dari Kemenpan RB tanggal 8 Okober 2019 nomor B/342/SPP.00.05/2019 perihal Pemberitahuan Acara Penyerahan Penghargaan Top45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.  Bahwa Acara Penyerahan Penghargaan Top45 akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2019 di Istana Wakil Presiden pada Pukul 10.00. Untuk Kabupaten Brebes sesuai Disposisi Bupati Brebes acara tersebut akan dihadiri oleh Wakil Bupati Brebes. Selain itu akan hadir pula Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes selaku Inovator dengan judul "Gerakan Kembali Bersekolah Atasi Anak Tidak Sekolah", Kepala Bagian Organisasi Perangkat Daerah Setda Kabupaten Brebes selaku Fasilitator dan Kepala Dinkominfotik Kabupaten Brebes.

BAGIAN TATA PEMERINTAHAN

SETDA BREBES

           

  1. Gambaran Umum Organisasi

            Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes, terakhir kali dibentuk berdasarkan peraturan Bupati Brebes Nomor 102 Tahun 2016 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Jabatan Struktural Perangkat Daerah Kabupaten Brebes. Tugas pokok Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes adalah Perumusan konsep/rencana dan pelaksanaan kebijakan, Pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan Penyelenggaraan Pemerintahan Umum, Pelaksanaan Otonomi Daerah, Hubungan antar Lembaga dan Kerjasama.

            Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud di atas, Bagian Tata Pemerintahan menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengumpulan bahan pembinaan koordinasi instansi pemerintahan dalam menyelenggarakan pemerintahan umum dan menyusun rencana, petunjuk teknis pembinaan serta pengadaan prasarana fisik dan pemerintahan;
  2. Pengumpulan bahan dalam rangka Pembinaan Perangkat Daerah, Perangkat Kecamatan dan Perangkat Kelurahan;
  3. Pengumpulan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan otonomi daerah, hubungan antar Lembaga dan Kerjasama antar Daerah;
  4. Pengumpulan bahan penyusunan pedoman teknis kerjasama antar daerah.
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

  1. Fungsi Strategis Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes

          Berdasarkan pada tugas pokok dan fungsi Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes dimaksud, maka Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes secara umum memiliki Fungsi Strategi yaitu : Melaksanakan program dan menyusun petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum, pelaksanaan otonomi daerah, hubungan antar lembaga dan kerjasama.

            Secara singkat Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes memiliki mandat yang harus dipertanggung jawabkan dalam kaitannya penggunaan sumber daya, yaitu :

  1. Memantapkan manajemen kepemerintahan yang dinamis dan akuntabel;
  2. Mendorong pemberian pelayanan yang prima;
  3. Meningkatkan kinerja kepemerintahan;
  4. Meningkatkan pemberdayaan kepemerintahan serta menyiapkan dan menata kepemerintahan yang transparan;
  5. Meningkatkan pelayanan umum dan pelayanan kedinasan;
  6. Meningkatkan pelayanan penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah;
  7. Meningkatkan sistem pengawasan internal dan pengendalian pelaksanaan kebijakan;
  8. Tercapainya pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah

 

  1. visi Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes sebagai berikut :

 

“ MENUJU BREBES UNGGUL, SEJAHTERA DAN BERKEADILAN”

 

  1. Bagian Tata Pemerintahan menetapkan Misi yaitu
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, cerdas, sehat dan berdaya saing tinggi berbasis pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa melalui pendidikan dan kesehatan;
  3. Meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah sesuai rencana tata ruang dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam, lingkungan hidup dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan;
  4. Meningkatkan pengembangan pertanian, ekonomi kerakyatan dengan memperkuat inovasi daerah dan investasi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis kearifan lokal;
  5. Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang professional, efektif dan efisien, serta menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban daerah;
  6. Memantapkan tata kelola pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat desa menjadi desa yang maju dan mandiri;
  7. Meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender, serta pemenuhan hak akan, dan partisipasi perempuan dalam pembangunan, serta mewujudkan perlindungan sosial.

 

  1. Berdasarkan pernyataan visi dan misi Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Brebes ditetapkanlah tujuan sebagai berikut :
  2. Mendorong pemberian pelayanan yang prima ;
  3. Meningkatnya pelayanan penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah;
  4. Meningkatnya pelayanan umum dan pelayanan kedinasan;
  5. Meningkatnya sistem pengawasan internal dan pengendalian pelaksanaan kebijakan;
  6. Tercapainya pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah

 

  1. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut di atas, ditetapkan sasaran-sasaran pencapaian tujuan, sebagai berikut :
  2. Untuk mencapai tujuan T.1 , Mendorong pemberian pelayanan yang prima, sasarannya adalah sebagai berikut :
    1. Tercapainya proses pelaksanaan Pekerjaan berbasis kinerja;
    2. Tercapainya kinerja pelayanan kecamatan yang baik;
    3. Terbentuknya Desk Pemilihan Kepala Daerah
  3. Untuk mencapai tujuan T.2, Meningkatnya pelayanan penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, sasarannya adalah sebagai berikut :
  4. Terlaksananya pengadaan patok batas tanah aset milik pemda;
  5. Terlaksananya Pembuatan Papan Nama Keterangan Kepemilikan Tanah;
  6. Terlaksananya Sosialisasi serta pengadaan buku rupa bumi.
  7. Untuk mencapai tujuan T.3, Meningkatnya pelayanan umum dan pelayanan kedinasan, sasarannya adalah sebagai berikut :
  8. Tersedianya Laporan Pertanggung jawaban Penyelenggaraan Pemerintahan;
  9. Tersedianya Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Per- tahun;
  10. Monitoring, Evaluasi, dan Pembinaan aparatur Pemerintah;
  11. Tercapainya pelaksanaan sosialisasi kegiatan PATEN;
  12. Tercapainya pelaksanaan sosialisasi kegiatan SPM.
  13. Untuk mencapai tujuan T.4, Meningkatnya sistem pengawasan internal dan pengendalian pelaksanaan kebijakan, sasarannya adalah sebagai berikut :
  14. Terselenggaranya koordinasi dan fasilitasi kegiatan penetapan dan penegasan batas daerah (PPBD);
  15. Terselenggaranya rapat koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah;
  16. Terbinanya penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dan Tata Pemerintahan.
  17. Untuk mencapai tujuan T.5, Tercapainya pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah, sasarannya adalah Tercapainya Fasilitasi kerjasama antar Daerah dan Pihak Keti

 

Kirim Pertanyaan

Sialhkan mengisi pesan Anda untuk kami di table bawah ini.

Alamat kami

Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes.
Jl. P. Diponegoro 141 Brebes
Jawa Tengah,  INA 52212
P: (0283) 671-031 - 671-032
 

Terhubung dengan Kami