Brebes, 10 Mei 2023 - Bagian Organisasi Setda Kabupaten Brebes menggelar Rapat Koordinasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Persiapan Evaluasi SAKIP Tahun 2023. Rapat ini dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Brebes.
Rapat ini merupakan upaya Kabupaten Brebes untuk memastikan pelaksanaan SAKIP yang efektif dan sukses masing-masing OPD. SAKIP menjadi instrumen penting dalam meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kualitas kinerja instansi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas dan pelayanan publik.
Dalam rapat koordinasi ini, bersama dengan Auditor Madya Inspektorat Daerah Kabupaten Brebes, Bapak Adi Susanto, ST., CFra dibahas beberapa agenda terkait implementasi dan hasil evaluasi SAKIP Perangkat Daerah di Kabupaten Brebes dan dilanjutkan oleh Subkoordinator Kinerja dan Reformasi Birokrasi Bapak Herwanto Untung, S.Ipem. MM dengan penyampaian hasil evaluasi SAKIP Kabupaten serta persiapan evaluasi SAKIP Kabupaten Brebes yang kemungkinan akan dilaksanakan oleh Kemenpan RB antara bulan Juli sampai dengan Agustus. 
Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi diskusi membahas langkah-langkah konkret yang harus diambil oleh OPD di Kabupaten Brebes sebagai upaya untuk peningkatan nilai SAKIP baik pada Perangkat Daerah maupun pada Pemerintah Daerah. Mereka menyadari pentingnya pengumpulan data yang berkualitas guna mendapatkan hasil evaluasi yang obyektif dan mampu memberikan gambaran yang akurat tentang kinerja instansi pemerintah.
Selain itu, peserta rapat juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi SAKIP dan mengevaluasi langkah-langkah yang telah dilakukan sejauh ini. Mereka berdiskusi mengenai solusi yang dapat diimplementasikan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dan meningkatkan efektivitas SAKIP di Kabupaten Brebes.
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes, Bapak Drs. Eko Nuryanto, M.Si. menyampaikan pentingnya komitmen dan kerjasama dari seluruh instansi pemerintah dan stakeholder terkait dalam melaksanakan SAKIP. Ia mengingatkan bahwa SAKIP bukan hanya tugas satu instansi, tetapi merupakan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Brebes, oleh sebab itu jangan hanya melihat SAKIP dari nilai yang diperoleh saja.
Dengan adanya Rapat Koordinasi Implementasi SAKIP dan Persiapan Evaluasi SAKIP Tahun 2023 ini, diharapkan Kabupaten Brebes dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi kinerja instansi pemerintah mereka, serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat.

Sticky Top / Bottom Banners

Pelayanan terkait

 
Kontak Layanan :
Bagian Umum(SPBU) Bagian Adm. Pembangunan
Bagian Organisasi Bagian Hukum (JDIH)
 
 
 
 
 
 

"Sekretariat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif" 

Sekretaris Daerah

Informatif

Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes akan terus menjalin komunikasi dan menyampaikan informasi dengan segenap stakehodler serta masyarakat umum melalui saluran aneka media yang tersedia.

Kolaboratif

Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes selalu siap untuk melakukan kerjasama dalam bertukar ide/ gagasan dengan segenap stakeholder dan juga masyarakat dalam mewujudkan visi bersama.

Melayani

Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes siap sedia selalu untuk melayani stakeholder dan juga masyarakat sebagaimana tugas dan fungsi yang dimiliki.

Terpadu

Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes bersama dengan organisasi perangkat daerah lainnya merupakan satu kesatuan yang terpadu dalam menjalankan pemerintahan terpadu di Kabupaten Brebes.